Monday 8 December 2008

TEORI DASAR ELEKTRONIKA

BAB 1

Ada sementara orang beranggapan bahwa mempelajari elektronika itu sulit dan terlalu rumit. Anggapan ini sebagian ada benarnya, karena kita dituntut untuk menghafal satu demi satu komponen serta daya kekuatan yang ada pada setiap komponen, sehingga kesulitan itu akan timbul dua kali dalam usaha mempelajari dan menekuni dunia elektronika.

Namun sebagian lagi mengatakan bahwa elektronika bukanlah suatu materi soal yang rumit dan sulit untuk dipecahkan. Melainkan suatu hal yang mengasikkan bagi orang yang ingin bisa mempelajarinya. Untuk mempelajari elektronika diperlukan suatu ketekunan, ketelitian dan kesabaran yang cukup tinggi. Dan sedikit biaya untuk mempraktekkan apa yang telah didapatkan. Dengan modal tersebut maka segala pelajaran yang tengah dipelajari akan menjadi lebih mudah dan cepat menemukan persoalannya.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak terlepas dengan adanya perangkat elektronika. Terutama pada masa sekarang ini, dimana perkembangan teknologi modern semakin cepat. Karena hampir setiap saat kita berhadapan dengan hal-hal yang berkaitan dengan elektronik, mulai dari dapur hingga keluar angkasa sekalipun. Oleh karena itu dalam pembahasan selanjutnya merupakan hal-hal yang paling mendasar sampai siswa mampu membuatnya sendiri tanpa guru. Meskipun rangkaian-rangkaian praktek yang disajikan bukanlah merupakan barang baru lagi, artinya skema rangkaian telah banyak dimuat dalam buku-buku sejenis. Namun demikian tidak mengurangi arti dari minat siswa dalam menekuni dunia elektronika.

A. TEORI ATOM

Untuk memahami teknik dasar elektronika, perlu dipahami terlebih dahulu mengenai teori atom. Karena didalam teori atom akan dibahas mengenai teori elektron yang merupakan dasar dari pelajaran elektronika.

Atom adalah partikel yang amat sangat kecil. Jari-jari atom adalah 3 – 5 nm(1 Nanometer = 10-9 meter).



No comments: